Ten Hag: United Bisa Kalahkan Tim Manapun

LalangBuana, MANCHESTER — Kemenangan 2-1 atas Barcelona di leg kedua partai play off fase gugur Liga Europa, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB, benar-benar mendongkrak kepercayaan diri Setan Merah. Pelatih United, Erik ten Hag, bahkan sesumbar, tim besutannya bisa mengalahkan tim manapun di dunia.


Dengan kemenangan di Stadion Old Trafford itu, United berhak memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Europa. Setan Merah menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3. Keberhasilan membekuk Barcelona di Old Trafford itu diraih United dengan begitu heroik.


Tertinggal lebih dulu via gol penalti Robert Lewandowski pada menit ke-18, United mampu bangkit pada babak kedua. Mencetak gol cepat pada awal babak kedua, Setan Merah berbalik unggul pada menit ke-74 lewat gol Antony.


Barcelona pun menjadi tim besar teranyar yang menjadi korban United kala tampil di laga kandang. Sebelumnya, Setan Merah berhasil membekuk sejumlah klub top di Liga Primer Inggris kala tampil di partai kandang. Manchester City, Arsenal, dan Liverpool harus pulang dengan kekecewaan usai merumput di Old Trafford.


Ten Hag pun menyebut, kemenangan atas Barcelona ini menjadi langkah besar Setan Merah dalam membangun kepercayaan diri dan mentalitas juara. Kemenangan ini, ujar pelatih asal Belanda itu, menjadi penanda kemampuan United untuk bisa bersaing dan mengalahkan tim manapun, tidak terkecuali tim-tim top di Eropa.


”Saat Anda mengalahkan Barcelona, salah satu tim terbaik di Eropa saat ini, keyakinan Anda akan semakin besar. Kemudian, Anda akan percaya bisa mengalahkan tim manapun,” kata Ten Hag seperti dilansir ESPN, Jumat (24/2/2023).


Eks pelatih Ajax Amsterdam itu menilai, penampilan anak-anak asuhnya di laga kontra Barcelona nyaris sempurna. Performa dan kemenangan besar ini dapat menjadi modal besar United dalam melakoni laga-laga besar pada sisa musim ini, termasuk saat tampil menghadapi Newcastle United di partai final Piala Liga Inggris, akhir pekan ini.


”Kami tampil begitu luar biasa. Kami harus membawa penampilan ini dan keyakinan ini pada sisa musim ini. Dengan kemenangan ini, kami menunjukkan mampu meraih kemenangan di laga besar,” ujar mantan pelatih tim cadangan Bayern Muenchen tersebut.


Usai gagal meraih satu trofi dan finish di peringkat keenam Liga Primer Inggris musim lalu, United memang tampil jauh lebih meyakinkan pada musim ini. Bahkan, dengan keberhasilan melangkah ke babak 16 besar, United mempertahankan rekor menjadi satu-satunya tim asal Inggris yang masih berpartisipasi di empat kompetisi berbeda pada musim ini. Kans United untuk mengakhiri puasa raihan gelar juara, yang terentang sejak 2017, terbuka cukup lebar pada musim ini.


 



Sumber:Republika