Punya Dirjen Baru, Kementerian ESDM Kebut Akses Listrik ke Masyarakat


Logo Kementerian ESDM. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah melantik Jisman P Hutajulu sebagai direktur jenderal ketenagalistrikan pada Jumat (17/2/2023)/

LalangBuana, JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah melantik Jisman P Hutajulu sebagai direktur jenderal ketenagalistrikan pada Jumat (17/2/2023). Dalam sambutannya, Arifin meminta kepada Dirjen Ketenagalistrikan untuk menyelesaikan tugas yang menanti, di antaranya adalah penyediaan listrik untuk Ibu Kota Negara (IKN), kemudian meningkatkan rasio elektrifikasi dan desa berlistrik.


“Tugas lainnya adalah meningkatkan pasokan listrik 24 jam, pelaksanaan subsidi listrik yang tepat sasaran, tarif listrik yang kompetitif, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta melaksanakan transisi energi,” imbuhnya.


Arifin menekankan untuk terus meningkatkan penyediaan ketenagalistrikan kepada masyarakat di seluruh pelosok tanah air dengan mutu pelayanan yang baik, handal, berkelanjutan, terjangkau, adil, dan merata. Di samping itu, Arifin juga berpesan untuk selalu menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan kewenangan, serta membatasi pergaulan secara profesional dan melakukan kontrol dokumen administrasi persuratan dengan baik.


“Jangan lambat untuk merespons dan selalu mendukung pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan selalu membuka diri ke seluruh pegawai dan stakeholder,” ujar Arifin.


Jisman P Hutajulu lahir di Tapanuli pada 18 Januari 1967. Ia mengawali kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 1993. Karirnya terus menanjak hingga pada 2018, Jisman menjadi Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM. Empat tahun setelahnya, pada 2022, ia berpindah menjadi Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan. Jisman juga aktif terlibat dalam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Ketenagalistrikan dan menjadi Kepala PPNS sejak 2014 hingga sekarang.


 


Berbagai macam program yang digelutinya antara lain Energy Efficiency Visit di Denmark pada tahun 2017, The 37th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) di Thailand pada tahun 2019, serta mengikuti Konferensi Perubahan Iklim PBB COP 26th di Glasgow, Inggris Raya pada 2021.



Sumber:Republika