Ketum Golkar Airlangga Tunggu Arahan Presiden Soal Pergantian Menpora

LalangBuana, JAKARTA — Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penggantian posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Kader Golkar yang saat ini menjabat Menpora tersebut dikabarkan akan mengundurkan diri.


Airlangga menegaskan, penggantian jabatan Menpora merupakan hak prerogratif dari Presiden. “Hak prerogatif Pak Presiden. Kita tunggu arahan Bapak Presiden,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Airlangga mengaku sudah sering bertemu dengan Zainudin Amali untuk membahas berbagai hal, termasuk statusnya sebagai Menpora. “(Bahas status Menpora) Semua dibahas,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut Menpora Zainudin Amali telah berbicara langsung dengan Presiden Jokowi terkait keinginannya untuk fokus menjadi pengurus PSSI. “Itu pasti pembicaraan secara langsung antara pak Zainudin Amali dengan Pak Presiden,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Karena itu, ia meminta masyarakat untuk menunggu pengumuman penggantian posisi Menpora. “Tinggal ditunggu saja,” kata Seskab Pramono.

Pramono pun menyampaikan, semua menteri, baik Menteri BUMN Erick Thohir maupun Menpora Zainudin Amali, yang maju dalam organisasi di luar pemerintah sudah mendapatkan izin dari Presiden. Sementara siang tadi, Menpora mengaku sudah menyampaikan keinginannya kepada Presiden Jokowi untuk fokus menjadi pengurus PSSI mengurusi sepak bola Indonesia.

“Kalau pak Zainuddin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan pak Zainuddin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Zainudin mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk fokus bekerja membenahi sepak bola Indonesia setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Menurut dia, Presiden pun memahami keinginannya untuk berkonsentrasi membangun sepak bola Indonesia.

“Beliau menyerahkan kepada saya karena saya menyampaikan kepada teman-teman saya harus memilih dan saya sampaikan kepada Bapak Presiden, ‘bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepakbola menjadi pengurus PSSI’. Dan itu dipahami oleh beliau dan beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola,” ujar Menpora Zainudin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Zainudin juga mengatakan bahwa Jokowi telah mempersilakan dan memberikan izin kepadanya untuk fokus mengurusi sepak bola setelah resmi menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.  

“Jadi beliau sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir, Bu Ratu Tisha dan teman-teman Exco. Pokoknya saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepak bola,” kata dia.



Sumber:Republika