Hari Pers Nasional 2023, Forum Jurnalis Zakat Sulsel Terbentuk di Makassar

Forum Jurnalis Zakat ini bisa menjadi pelopor gerakan literasi zakat.

LalangBuana, JAKARAT — Di Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2023, sejumlah wartawan dan praktisi lembaga zakat di Kota Makassar, bersepakat membentuk Forum Jurnalis Zakat.


Kesepakatan itu dihasilkan melalui pertemuan yang berlangsung di Cafe Butter, Jalan Emy Saelan, Kota Makassar, Kamis, (9/2/2023).


Irfan Abdul Gani, salah seorang jurnalis, dipilih menjadi menjadi ketua dari Forum Jurnalis Zakat Sulawesi Selatan itu.


“Keberadaan Forum Jurnalis Zakat ini tentu akan memberikan manfaat yang sangat besar, terutama bagi lembaga pegiat zakat dalam hal kegiatan publikasi dan kerja-kerja media lainnya,” kata Manager URO BSI Maslahat, Ichwan Jufri, dalam pertemuan itu.


Senada dengan Kepala Cabang Inisiatif Zakat (IZI) Sulawesi Selatan, Ramli, SHI. Menurutnya, kerja-kerja lembaga zakat sangat membutuhkan kerjasama dengan media yang paham literasi zakat.


“Jadi, ke depannya, Forum Jurnalis Zakat ini bisa menjadi pelopor gerakan literasi zakat agar semakin banyak media yang tertarik menulis tentang konten zakat,” terangnya.


Adapun Irfan Abdul Gani. Dia mengatakan Forum Jurnalis Zakat Sulsel ini sebagai wadah berhimpun para jurnalis yang bakal menggaungkan literasi zakat.


“Zakat sangat penting untuk terus dipublikasikan ke masyarakat, dikarenakan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan zakat masih sangat minim,” tutur jurnalis senior itu.


Setelah Forum Jurnalis Zakat itu terbentuk, Irfan menyatakan akan segera melengkapi struktur dan legalitas hukumnya, kemudian membuat program.



Sumber:Republika