PJU Etnik di Trotoar Jalan Margonda Depok akan Ditambah


Kondisi trotoar di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (22/2/2023). Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Depok akan melanjutkan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) dengan konsep etnik di trotoar jalan tersebut.

LalangBuana, DEPOK — Penerangan jalan umum (PJU) dengan konsep etnik akan ditambah di trotoar Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat. Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok merencanakan pemasangan 129 PJU.


Kepala Dishub Kota Depok Eko Herwiyanto mengatakan, pemasangan PJU etnik ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu. “Kalau yang sudah dibangun ada di 25 titik atau 25 tiang,” kata dia kepada Republika, Rabu (22/2/2023).


Menurut Eko, tahun ini ditargetkan pemasangan 129 PJU etnik di trotoar Jalan Margonda Raya. Ia menjelaskan, seratus lebih PJU etnik ini masuk dalam proyek revitalisasi trotoar Jalan Margonda segmen III. 


Proyek itu disinergikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. “Nah, 129 itu, insyaallah, akan kita laksanakan tahun ini,” ujar dia.


Eko menjelaskan, PJU etnik ini merupakan penerangan jalan yang didesain dengan konsep kearifan lokal, yang mengangkat ciri khas Depok.


“Di samping sebagai fungsi untuk penerangan trotoar, juga lebih kepada dekorasi. Desainnya dengan kearifan lokal. Ada lambang Gong Si Bolong. Jadi, memang unsur-unsur kearifan lokal. Sampai juga ada Betawi Depok,” ujar Eko.


Pantauan Republika, Rabu, di trotoar Jalan Margonda Raya sudah terpasang puluhan PJU etnik. PJU terpasang di trotoar jalan arah Jakarta. Pemasangan PJU belum tuntas. “Di sebelah kiri baru sampai di dekat Gunadarma lewat sedikit. Ke sananya belum,” kata Eko.


 



Sumber:Republika