Makanan dan Minuman Sehat yang Berbahaya Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan pasti akan menimbulkan efek buruk. Begitu pula jika kita  mengkonsumsi makanan dan minuman sehat secara berlebihan, akan terjadi masalah kesehatan yang cukup serius yang bisa mengintai kita.

Berikut ini daftar makanan dan minumannya.

1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran berserat dan bernutrisi tinggi  yang bisa menyehatkan tubuh. Kandungan antioksidan pada brokoli dapat mencegah dari penyakit kanker. Namun kita harus mengkonsumsi brokoli dalam porsi yang wajar. Jika mengkonsumsinya secara berlebihan bukan sehat yang kita dapatkan, melainkan penyakit.

Efek buruk yang dapat terjadi adalah terganggunya fungsi kelenjar tiroid dan jika terus dibiarkan akan menimbulkan masalah kesehatan lain seperti obesitas dan penyakit jantung.

2. Buah jeruk

Buah yang banyak mengandung vitamin C ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah sebagai sumber antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radiasi bebas, sinar ultraviolet dan polusi udara. Namun apabila kita mengkonsumsi buah jeruk secara berlebih akan membuat tubuh kita kelebihan vitamin C yang berdampak pada masalah kesehatan. Diantaranya adalah meningkatkan risiko penyakit ginjal.

3. Bawang  putih

Rempah-rempah yang paling banyak dikonsumsi sebagai bumbu masakan ini juga sering dianggap sebagai obat karena dapat membantu mencegah banyak penyakit. Bawang putih banyak digunakan untuk mecegah kolestrol tinggi, serangan jantung dan hipertensi.

Namun, dibalik manfaatnya bagi kesehatan, bawang putih juga bisa menimbulkan penyakit. Konsumsi bawang putih berdampak pada penurunan tekanan darah yang berbahaya. Bagi kamu yang menderita darah rendah, tidak dianjurkan mengkonsumsi bawang putih secara berlebih.

4. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan yang dijadikan pengganti nasi untuk makanan pokok. Tetapi jangan mengkonsumsinya setiap hari, terlalu banyak makan jagung bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Terdapat kandungan kadar gula yang tinggi pada jagung, sehingga penderita diabetes harus berhati-hati pada makanan ini. Selain itu, banyak mengkonsumsi jagung juga bisa menyebabkan penyakit autoimun karena pada saat mencerna , tubuh mengubah protein dalam jagung menjadi gluten.

5. Telur

Telur merupakan makanan yang banyak mengandung protein dan memiliki karbohidrat serta delapan macam asam amino yang sangat berguna bagi tubuh. Tapi tahukah kamu, jika terlalu banyak mengkonsumsi telur akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Satu butir telur mengandung sekitar 185 mg kolestrol. Bila kamu terlalu banyak makan telur akan berakibat tubuh mengalami peningkatan kolestrol yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Telur juga mengandung 75 kalori per butirnya, sehingga bisa membuat berat badanmu bertambah jika mengkonsumsinya setiap hari.

6. Kentang

Kentang merupakan makanan yang kaya akan vitamin C, kalium, serat makanan, dan phytochemical yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Tetapi, bila terlalu banyak makan kentang ternyata tidak begitu baik bagi kesehatan terutama bagi wanita yang berada pada masa produktif. Wanita yang telalu banyak mengkonsumsi kentang pada masa produktif memiliki risiko tinggi mengalami diabetes gestasional, yaitu jenis diabetes yang terjadi selama masa kehamilan.

7. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang banyak dikonsumsi karena terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan serta dapat menurunkan berat badan. Namun, selain memiliki banyak manfaat, teh hijau juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih. Teh hijau yang diminum terlalu banyak dapat membuat tubuh kurang menyerap zat besi sehingga membuat masalah kesehatan baru.

8. Air kelapa

Rasanya yang menyegarkan dan banyaknya manfaat  yang diperoleh membuat air kelapa menjadi minuman favorit banyak orang. Namun jangan terlalu sering  minum air kelapa ya, karena  terlalu banyak mengkonsumsinya justru bisa menjadi bumarang yang berbahaya bagi kesehatan.

Air kelapa mengandung 10 kali lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya, sehingga kamu akan mengalami beberapa gejala seperti sakit perut, keringat dingin, dan mengalami nyeri pada dada dan lengan.

9. Air putih

Air putih memang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun kamu tidak disarankan untuk minum terlalu banyak karena justru berbahaya bagi tubuh. Minum air putih berlebihan bisa meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya, sehingga bisa memicu penyakit ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *